MAGAZINE PROJECT






(This is the final project of Desktop Publishing subject that was assigned to us)




Background

Seiring bertambahnya pengetahuan dan berkembang nya kehidupan manusia, kebutuhan pun semakin bertambah. Kebutuhan manusia tidak hanya membicarakan sandang, pangan, dan papan saja. Gaya hidup, terutama untuk masyarakat di kotakota besar, menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi itu semua, salah satu nya adalah harus memperoleh informasi yang cukup.

Informasi menjadi salah satu kebutuhan penting di zaman sekarang ini. Orang berusaha untuk terus menambah informasi dari berbagai macam sumber, karena informasi adalah kekuatan untuk tetap bertahan dalam persaingan. Kebutuhan akan informasi tersebut membuat media massa memiliki peranan yang amat penting.

Karena kedua alasan tersebut, PT. Sentosa Agung Media menerbitkan majalah berjudul Furni Magz. Furni Mags ini akan menjadi salah satu media yang memberikan informasi actual tentang produk – produk terkini dalam kemasan desain yang stylish dan modern. Produk – produk tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan Anda sehari – hari, baik untuk kepeluan rumah tangga maupun perkantoran. Pemilihan desain dan materi yang tepat dan berkualitas tinggi sangat dianjurkan agar Anda mendapatkan kenyamanan dalam jangka waktu yang cukup lama.


Concept Analysis

What

What is Furni Magz?

Furni Magz adalah singkatan dari Furniture Magazine, majalah yang berisikan informasi mengenai model – model furniture. Informasi tersebut mulai dari model kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan informasi mengenai penempatan posisi furniture yang baik. Pada inti nya majalah ini adalah sumber inspirasi dan informasi yang akan memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidup pembaca yang memiliki interest terhadap desain interior.

What makes Furni Magz different with similar other magazine?

Salah satu strategi untuk membuat pembaca memilih untuk membaca Furni Magz daripada majalah lainnya yang sejenis, Furni Magz akan menggunakan tampilan yang berbeda. Pengemasan dan penyajian informasi sangat berpengaruh. Dengan menyajikan informasi dari sudut pandang yang berbeda, yang memiliki desain berkelas, maka Furni Magz akan terlihat lebih berbobot. Furni Magz tidak hanya membahas info – info model furniture saja. Majalah ini juga memberi informasi tata letak furniture yang baik menurut para ahli Feng Shui.

Who

Who is the target audience?

Berikut ini adalah Target Audience Furni Magz:

Jenis Kelamin : Pria dan Wanita

Usia : 20 tahun keatas

Pekerjaan : Wirausahawan, Ibu rumah tangga, dan karyawan

Pendidikan : Perguruan tinggi

Lokasi : kota Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi

Interest : Furniture

Life Style : Suka mendekor rumah, menyukai estetika, modern, kreatif, dan dinamis.

When

When it is published?

Furni Magz terbit pada bulan Febuari 2009. Furni Magz terbit setiap 2 bulan sekali. Proses penyusunan majalah sudah dilakukan sejak tahun 2008.

Where

Where is it distributed?

Furni Magz didistribusikan di Jabotabek ( Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi).

Where is the office?

Kantor redaksi Furni Magz terletak di Jl. Gardenia Raya, No. 17 Jakarta Selatan.

Why

Why those city as distribution sites?

Kota - kota tersebut dianggap sudah maju dan merupakan lokasi utama yang menjadi target audience kami. Di kota ini kehidupannya lebih modern dan rata – rata penduduknya memiliki standar ekonomi yang lebih baik.

How

How Furni Magz survive?

Melihat begitu banyak pesaing, Furni Magz dapat bertahan dengan tetap mempertahankan ide – ide yang menarik dan berkualitas, sehingga dapat menjadi trendsetter dalam memberikan informasi terbaru.

ANALYSIS SWOT

Strength

Kekuatan majalah ini terletak pada:

· Konsep majalah yang jelas, informasi yang lengkap dan terfokus pada furniture. Sehingga pembaca dapat mempercayakan Furni Magz sebagai sumber informasi yang akurat.

· Desain grafis dan kualitas kertas yang bagus dan menarik.

· Harga terjangkau

Weaknesses

Kelemahan majalah ini:

· Masih tergolong baru sehingga belum ada pembaca tetap

· Sangat segmented yang berarti membutuhkan pembaca yang benar – benar suka terhadap desain interior.

Opportunities

Kesempatn yang dimilik majalah ini:

· Majalah yang memberikan informasi mengenai furniture masih sedikit.

· Kesempatan untuk tetap mengembangkan Furni Magz masih terbuka, karena majalah tidak akan kehilangan pembaca.

Threats

Pesaing – pesaing dari majalah lain:

· Kompetitor lain yang telah bergerak dalam majalah Furniture ataupun Interior Desain.

· Pembaca yang masih membutuhkan edukasi tentang majalah ini, karena mereka menganggap bahwa kebutuhan informasi furniture dapat mereka peroleh pada majalah – majalah tentang rumah, atau majalah desain interior eksterior. Padahal melalui majalah ini, mereka dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, berkualitas, mendalam, dan lebih fokus.


Strategy & Solution

Sebagai sebuah majalah yang msih baru, berada di tengah persaingan yang begitu ketat, Furni Magz memerlukan strategi khusus untuk dapat bertahan.

Berdasarkan masalah tersebut, Furni Magz menetapkan beberapa strategi yaitu:

· Memperluas daerah distribusi dan menambah jumlah produksi

· Membuka kantor cabang ditiap daerah untuk memudahkan dan menghemat biaya distribusi.

· Membuat situs layanan online: www.furnimagz.co.id

· Memasang poster dan iklan – iklan di media cetak dan di toko – toko.

Distribution

Distribusi Furni Magz dilakukan dengan cara:

· Distribusi langsung ke toko – toko besar seperti Gramedia, Gunung agung, dan toko – toko besar lainnya.

· Mendistribusikan ke penjual majalah eceran, dan ke toko – toko buku berskala kecil.

· Distribusi melalui agen resmi ke luar daerah

Promotion

Promosi yang dilakukan oleh Furni Magz:

· Membuat iklan di media massa, seperti Kompas, Suara Pembaruan, Sindo, dll.

· Membuat iklan di internet

· Membuat iklan poster di toko – toko buku.


Technical Concept





Pemilihan Nama

Nama majalah Furni Magz (Furniture Magazine). Pada tulisan Furni menggunakan font: club land, dengan warna abu – abu untuk memberi kesan glamour dari bentuknya. Pada tulisan Magz menggunakan font: eurostile, menggunakan warna merah untuk memberi kesan cerah. Lalu pada tagline nya all about furniture menggunakan font eurostile dan menggunakan warna hitam, dengan tujuan sebagai balancing antara warna merah (magz) dan abu – abu (furni).


Budgeting

Penentuan Harga Jual Majalah

Total Biaya Produksi Rp. 150.000.000

Profit (20%): 20% x 150.000.000 = Rp. 30.000.000

Biaya Distribusi Rp. 40.000.000

Promosi dan Iklan Rp. 80.000.000

Total Rp. 300.000.000

Harga Satuan = Rp. 300.000.000 : 12.000 ekslempar = Rp. 25.000,00


Closing

Furni Magz merupakan majalah yang memiliki kesempatan besar untuk terus berkembang. Sejalan dengan semakin banyak nya kebutuhan manusia, akan bertambah pula perubahan gaya hidup masyarakat.

Untuk itu, ini merupakan langkah awal. Furni Magz akan terus menerus mengembangkan segala potensi untuk menjadi sumber informasi yang terpercaya, bermanfaat, dan dapat diandalkan.


MAGAZINE
















































































































































































































Keterangan (from top to bottom):
  • Front Cover
  • Contents
  • Introduction
  • First Advertisement
  • Article 1
  • Article 2
  • Article 3
  • Article 4
  • Article 5
  • Second Advertisement
  • Back Cover

0 komentar:

Posting Komentar