Marketing Branding Africa

1. Brief Comment about Branding Africa

Afrika adalah benua yg terletak di bagian selatan bumi. Sebagai permulaan, afrika sampai sekarang termasuk benua dengan citra yang kurang baik di mata dunia. Menurut data statistik, Afrika merupakan negara bepolitik terburuk. Begitu juga dengan stabilitas kultural dan ekonomi. Namun di luar itu, Afrika juga memiliki berbagai macam sisi baiknya. Antara lain, bagian safarinya, kultur, dan orang-orang yang eksotis. Beberapa negara Afrika yang mempunyai citra baik seperti; Afrika Selatan, Mesir, dan Maroko. Afrika Selatan terkenal dengan Cape Town yang sangat indah. Mesir terkenal dengan pariwisata yang indah dan tiada duanya. Ada piramida, sphinx, dan yang menambah keunikan dari Mesir, selain citra baik, ada pula negara yang bercitra buruk, yaitu Ruwanda, Somalia, Ethiopia, Sierra Ceore dan Sudan. Afrika mendapat citra buruk dimata dunia sejak lama, namun pada dasarnya, ada banyak cara yang dapat Afrika lakukan, mungkin sampai sekarang Afrika telah banyak berusaha merubah citra buruknya, contohnya Negara Afrika Selatan. Afrika Selatan patut menjadi panutan untuk negara - negara yang lain. Afrika banyak memiliki kekurangan, yang paling banyak terlihat pada bagian kemiskinan, penyakit, peperangan, korupsi dan politiknya. Menurut beberapa research yang dilakukan pada beberapa orang ditanya mengenai pengetahuannya tentang negara Afrika, hasilnya hampir 812 orang dengan segala kekurangan dan kelebihannya, negara Afrika harus banyak berintrospeksi diri.

Beberapa cara yang kiranya dapat mengubah persepsi orang tentang Afrika agar dipandang lebih baik oleh dunia:

- lebih menonjolkan keramahan dan keunikan orang-orang di Afrika dengan cara membuat iklan yang baik tentang Afrika di media

- Membuat sebuah video tentang keindahan alam yang ada di Afrika, dapat juga dengan poster, kampanye dan press release

- Sejarah dr sebuah negara pada dasarnya merupakan satu daya tarik tersendiri.


2. a. Segmentation from a tour market in Asean:

Geographic segmentation:

Asean terletak di daerah bagian Selatan, Utara, Timur, dan Barat.

Demographic segmentation

Banyak orang yang tinggal di Asean, yang muda, tua, bahkan anak. – anak. Agamanya beragam seperti Islam, Kristen, Budha, Katholic, Hindu, dll. Tapi tidak sama dengan orang – orang Asean hidup bersahabat dengan yang lain, walaupun merka memiliki perbedaan ras.

b. The differential advantage in each country:

1. Keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia:

Terdapat banyak budaya dari masing – masing daerah nya. Biasa dikenal sebagai penghasil minyak bumi yang cukup besar. Objek wisata yang paling banyak dikunjungi yaitu Bali, Bunaken, Taman Impian Jaya Ancol, dll. Bali terdapat pantai yang indah dan sering di kunjunggi oleh wisatawan mancanegara.

2. Keunggulan yang dimiliki oleh Malaysia:

Multikultur, etnis, pusat perbelanjaan, pedagang kaki-lima, pencurian hak cipta, pembangunan, hutan tropis, pantai pasir putih, dan gunung, semua dipasarkan Malaysia sebagai objek wisata.

Jalan mulus, trotoar tersedia di tepi jalan dan garis batas untuk kendaraan dengan pejalan kaki tergores rapih sampai di luar kota. Jalan rapih, batas kawasan pemukiman menengah, pemukiman bawah, pemukiman kelas atas, dan antara pemukiman dengan kawasan usaha, ini semua yang tidak ada di Indonesia. Infrastruktur menjadi keunggulan Malaysia. Tersedianya tempat, transportasi, logistik bagi wisatawan membuat kenyamanan wisata.

3. Keunggulan yang dimiliki oleh Singapura:

Singapura yang disebut-sebut sebagai negeri paling makmur di Asia Tenggara ini, memang dikenal sebagai salah satu negara di benua Asia yang berkembang cukup pesat, dan hingga saat kini terus berusaha memberikan perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan negerinya.

Singapura memiliki banyak prestasi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bidang perekonomian yang tumbuh secara cepat, sehingga siapa yang sangka bahwa daerah yang dulunya menjadi salah satu lokasi perperangan Perang Dunia II itu, kini tumbuh menjadi pusat perdagangan dan industri dunia.

Serta hal penting yang tak boleh dilewatkan, Singapura memiliki objek wisata yang tak terlupakan. Hal yang pertama di cari oleh wisatawan biasanya adalah patung Marlion, yakni sebuah patung berkepala singa namun bertubuh Ikan, yang menjadi icon Singapura yang telah dikenal di seluruh dunia. Singapura juga memiliki jalanan yang tersohor hingga belahan dunia, jalanan yang paling di cari oleh wisatawan, Orchard Road, di sini terkenal sebuah istilah “Sale-abration” karena selain menyediakan produk kenamaan, produk yang dijual dengan harga miring juga tersedia disini. Bahkan ada sebuah perayaan yang dikenal dengan nama Great Singapore Shopping Challenge yang biasa diadakan pada bulan Mei hingga Juli setiap tahunnya. Singapura terkenal sebagai surganya para penikmat kuliner dari seluruh dunia, sehingga menjadikan para penikmat kuliner tersebut menjadi seseorang yang ‘Food-a-Holic’ alias menjadi gila makan, karena memang salah satu keunggulan Singapura terletak dari banyaknya aneka kuliner yang mereka tawarkan.

4. Keunggulan yang dimiliki oleh Thailand:

Thailand termasuk negara yang memiliki ratusan pulau dengan pantainya yang indah. Di Thailand Selatan ada Ang Thong National Marine Park. Dari Bangkok menuju arah selatan kita akan melewati begitu banyak pilihan objek wisata pantai seperti halnya Cha-am, Ko Samui, atau Ko Chang.Tak semua terkena dampak tsunami karena yang paling parah hanya di Phuket. Pantai-pantai dan pulau-pulau indah di Thailand dikelompokkan ke dalam empat wilayah. Cha-am dan Hua Hin berada di Teluk Thailand sehingga tidak terkena tsunami. Di sana ada enam pantai lainnya, antara lain Ko Samui dan Ko Tao. Sedangkan wilayah yang terkenal tsunami adalah Pantai Andaman dengan andalannya Phuket di samping Mu Ko Similan Marine National Park, dan Mu Ko Surin Marine National Park. Dua daerah lainnya adalah daerah pantai di timur seperti Pattaya, dan Rayong. Ada juga Chumpon dan Ranong.

Untuk berwisata, Thailand tak terlalu jauh dan relatif murah, berkunjung ke sana tak terasa pergi ke tempat yang asing. Kita merasa bersahabat dengan banyak hal: wajah orang-orangnya, kemacetan jalannya, taksi atau kendaraan umum lainnya, atau pun dengan aneka macam hidangan makanannya, seperti di rumah sendiri.

5. Keunggulan yang dimiliki oleh Vietnam:

Sungai Saigon yang membelah kota juga memberi nuansa yang menambah keindahan kota ini. Selain menjual pemandangan alamnya yang indah, pemerintah Vietnam menawarkan wisata perang kepada turis. Dua objek utamanya adalah Terowongan Cu Chi di Provinsi Cu Chi, yang berjarak sekitar 60 km utara kota Ho Chi Minh, dan War Remnant Museum di kota.
Terowongan Cu Chi memang salah satu tujuan wisata yang ingin dikunjungi banyak orang untuk menyaksikan bukti-bukti kegigihan kaum komunis
Vietnam melawan pasukan asing.

c. Total Comparation about the tourist visited each country in Asean:

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Indonesia pada tahun 2007 sebesar 3.355.281 orang.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Malaysia pada tahun 2007 sebesar 13.574.786 orang.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Singapura pada tahun 2007 sebesar 37.822 orang.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Thailand pada tahun 2007 sebesar 55.000 orang.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Vietnam pada tahun 2007 sebesar 200,000 orang.

e. Cost that take it from each country to attract tourist to their own country:

Anggaran wisata Indonesia untuk tahun 2007 sebesar Rp. 300 Miliar

Anggaran wisata Malaysia untuk tahun 2007 sebesar Rp. 105,7 miliar

Anggaran wisata Thailand untuk tahun 2007 sebesar Rp.

Anggaran wisata Vietnam untuk tahun 2007 sebesar Rp.

Anggaran wisata Singapura untuk tahun 2007 sebesar SGD 10 juta.

3. a. Objective from Visit Indonesia year 2008

Kami ingin mengubah gambaran Indonesia di pandangan banyak orang, seperti teroris, banjir, dan lain – lain, tapi pada Visit Year 2008 nanti akan mengubah persepsi banyak orang tentang Indonesia yang pada akhirnya dapat atau bisa di banggakan, karena terdapat banyak perbedaan budaya yang beragam di Indonesia.

b. i. Marketing Strategy Inside the Country

Kami akan membuat banyak masyarakat untuk datang ke Indonesia, maka visit year Indonesia 2008 dapat berhasil dengan baik. Strategi nya membuat sebuah kesepakatan dengan Negara yang lebih maju yang dapat membuat masyarakat luar lain menjadi tertarik untuk datang ke Indonesia.

ii. Advertising Strategy, Public Relation, and Event.

Kami akan membuat iklan yang dapat dilihat oleh banyak orang, tidak hanya masyarakat Indonesia. Tapi juga masyarakat di seluruh dunia. Dengan memasuk kan ke dalam website, seperti wikipedia, hotmail, yahoo dan messenger. Dan membuat kesepakatan pada travel agent untuk ikut serta Visit Year Indonesia 2008.

Public Relation strategy

Kami akan mengatakan betapa indah nya Indonesia dan memanggil para wartawan untuk memberikan gambaran yang bagus mengenai Indonesia dan memberitakan betapa maju nya Indonesia.

Event

Kami akan membuat para turis berdatangan, dengan membuat konser untuk amal Global Warming dengan mengundang para artis dan penyanyi – penyanyi yang terkemuka. Juga menampilkan kekayaan budaya di Indonesia yang beraneka ragam.

iii. Marketing estimation

Para turis yang datang akan mendatangkan dan di targetkan sebanyak 7 juta orang yang akan datang.

c. i. Making Implemantion time Marketing

Marketing implementasi akan membuat kesepakatan atau hubungan dengan penerbangan, hotel, dan tempat hinuran di Indonesia. Yang membuat para turis datang ke Indonesia dan mendapat pelayanan yang memuaskan yang membuat segala nya menjadi mudah.

ii. Advertising Eexecution, and example

Akan membuat banyak billboard dan iklan di televisi.

iii. Program Implementation of Public Relation

Yang pertama akan dilakukan dengan membuat kesepakatan dan hubungan dengan travel dan membicarakan tntang konsep yang dapat membuat atau mereka dapat berpikir positif. Lalu membuat press release dan press conference untuk memberitakan program kita.

iv. Event Promotion implementation

Pada acara ini akan membuat konser yang menjelaskan tentang tradisional musik kepada turis dan membuat para turis suka tinggal di Indonesia, dan memberikan budaya yang moderen, seperti INDONESIA FOR PEACE CONCERT.

4.

Rencana ini akan berhasil karena acara – acara nya sudah terkoordinasi dengan baik, karena yang kita tahu di Indonesia terdapat budaya yang beragam dan Sumber Daya yang tak kan pernah habis.

0 komentar:

Posting Komentar